Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI…

Muhamad Alfrian

Penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang belum memaksimalkan penggunaan gadget sebagai media pembelajaran di era modern. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media interaktif berbasis android pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya dan untuk mengetahui kelayakan media interaktif berbasis android pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dikemba…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERH…

Putri Ummairah

Media kahoot merupakan aplikasi game online untuk membuat kuis secara menarik. Kahoot bisa digunakan dikelas untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan siswa termotivasi untuk belajar. Kahoot juga dapat membantu untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari, sehingga dapat meningkatakan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kahoot di kelas IX SMPN 15 Banda Aceh. (2) menge…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN ME…

EKA FITRIANI

Media magic envelope adalah salah satu media pembelajaran berupa amplop yang berisi gambar-gambar, pertanyaan seputar materi pembelajaran. Media magic envelope memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi dengan lebih menarik dan lebih mudah dipahami, sehingga memicu peningkatan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model kooperatif tipe example non example berbantuan media magic envelope pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 2 Pasie …

PENERAPAN MEDIA BOOKLET DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KEL…

Linda Kurnia

ABSTRAK Linda Kurnia (2023). Penerapan Media Booklet Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI ISOS di SMA Negeri 2 Sinabang. Media booklet adalah sebuah buku kecil yang memiliki paling sedikit lima halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman di luar hitungan sampul. Booklet bersifat informatif, desainya yang menarik dapat menimbulkan rasa ingin tahu, sehingga peserta didik bisa memahami dengan mudah apa yang disampaikan dalam proses pembelajaran, sehingga mendorong mening…

DAMPAK IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA FATI…

Devan Muhammad Firdaus

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi kurikulum Cambridge pada pembelajaran sejarah di SMA Fatih Bilingual School dan Dampak Implementasi kurikulum Cambridge di SMA Fatih Bilingual School dengan tujuan Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan kurikulum Cambridge terhadap pembelajaran sejarah di SMA Fatih Bilingual School dan mengetahui dampak implementasi kurikulum Cambridge dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Fatih Bilingual School. Penelitian ini menggunakan metode ku…

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA BOARDING SCHOOL DAN …

SATYA MAULANA

Penelitian yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Boarding School dan Non Boarding School Kelas (VIII) di SMPIT Al-Fityan School Aceh” ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar IPS pada siswa Boarding School dan Non Boarding School kelas (VIII) di SMPIT Al-Fityan School Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Sampel dalam penelitian ini ialah 26 orang siswa kelas VIII B…

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO BERBASIS PODCAST BERBANTUAN APLIKASI SPOTI…

VATHIN ASYURA PUTRI

Banyak media pembelajaran yang dapat diterapkan di lingkungan pembelajaran, khususnya untuk sekolah yang memang secara fasilitas sudah tersedia sarana dan prasarana dapat dimanfaatkan media-media audio yang dibuat untuk memberikan sarana belajar yang fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media pembelajaran audio berbasis podcast berbantuan aplikasi spotify pada pelajaran IPS di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh. Kemudian untuk mengetahui respon siswa terhadap pene…

PENERAPAN MEDIA ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP MOTIVASI BEL…

Siti Wardina

Media assemblr edu merupakan salah satu media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran berbasis teknologi. Media assemblr edu memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi dengan lebih menarik, sehingga memicu peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan media assemblr edu berbasis augmented reality dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPAS SMA Negeri 12 Banda Aceh. (2) mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan media assembl…

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRUTH OR DARE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA…

ROSA LINDA

ABSTRAK Rosa Linda (2023). Pengembangan Media Permainan Truth or Dare Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Beutong. Pengambangan media permainan Truth or Dare Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Beutong dilatarbelakangi oleh belum adanya pengembangan media permainan Truth or Dare yang diterapkan pada mata pelajaran sejarah, sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran guna menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan materi diserap dengan ba…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN MEDIA GA…

M. RIDHA ILHAMSYAH

ABSTRAK M. Ridha Ilhamsyah (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Berbantuan Media Gambar Fotografi Pada Pembelajaran Sejarah Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS Di MAN 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Berbantuan Media Gambar Fotografi Pada Pembelajaran Sejarah Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS Di MAN 2 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuant…




    SERVICES DESK