Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA 5DI…

Elsa Fira

ABSTRAK Elsa Fira (2024). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia di SMPN 1 Sukamakmur. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbinganDr. Muhibbuddin, M.S. dan Dr. Wiwit Artika, S.Si., M.Ed.Rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia merupakan hal yang harus diperbaiki karena berdampak terhadap hasil akhir pembelajaran biologi. Salah satu so…

PENGARUH PENERAPAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PES…

SANTRI MULIANA

ABSTRAK Santri Muliana (2024). Pengaruh Penerapan Media Komik Digital Terhadap peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X di SMA Negeri 1 Indrapuri. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si dan Dr. Muhibbuddin, M.S. Salah satu penyebab rendahnya keinginan baca pada peserta didik adalah ketidaktertarikan terhadap bahan bacaan text book yang menyebabkan peserta didik kurang termotivasi untuk memahami materi se…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIS…

ELIZA ROSADI

ABSTRAK Eliza Rosadi. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Membuat Peta Konsep pada Materi Ekosistem di SMAN 4 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Muhibbuddin, M.S. dan Dr. Wiwit Artika, S.Si., M.Ed. Rendahnya hasil belajar siswa pada materi ekosistem masih dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah. Proses pembelajaran yang kurang bermakna menyebabkan sisw…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN …

Samsuar

ABSTRAK Samsuar. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Metakognitif Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 9 Banda Aceh. [Tesis. Universitas Syiah Kuala]. di bawah bimbingan Dr. Muhibuddin, M.S., dan Dr. Abdullah, M.Si Salah satu cara guna menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hasil belajar dan kemampuan metakognitif pesertta didik adalah dnegan menerapkan model Problem Based Learning. Pen…

PENERAPAN E-MODUL DENGAN MODEL FLIPPEDCLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN …

Wirda Hari Yani

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan e-modul dengan model flippedclassroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu experimental research. Desain penelitian yaitu pretest-posttest group control group desaian. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di MAN 2 Banda Aceh. Pengumpulan data kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar mengunakan instrument tes. Analisis da…

KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK CUKA KULIT PISANG KEPOK (MUSA ACUMINATA COLLA) DEN…

Kaisah Ghufrani Iskandar

Kulit pisang merupakan bahagian dari buah pisang yang memiliki banyak manfaat. Kulit pisang belum digunakan secara optimal sehingga menciptakan limbah organik yang lumayan besar. Cuka kulit pisang adalah produk hasil fermentasi asam asetat yang diambil dari kulit pisang. Variasi konsentrasi biang cuka dalam penelitian ini mengidentifikasi karakteristik organoleptik cuka kulit pisang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi biang cuka terhadap karakteristik organ…

PENERAPAN E-MODUL BERBENTUK FLIPBOOK BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA MATER…

RAZY MEIYANA NS

ABSTRAK Razy Meiyana Ns. (2024). Penerapan E-Modul Berbentuk Flipbook Berbasis Cooperative Learning pada Materi Sistem Saraf di Kelas XI MAN 2 Aceh Barat. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, S.Pd. M.Pd. dan Dr. Muhibbuddin, M.S. Keterbatasan bahan ajar menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar yang menarik serta berbasis teknologi yaitu pembuatan modul elektronik…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS MEDIA AQUA…

Linda Murisqa

Metakognisi merupakan kemampuan penting yang dibutuhkan peserta didik dan memiliki keterkaitan dengan pencapaian hasil belajar. Kemampuan metakognitif dapat ditingkatkan dengan beberapa metode, salah satunya berupa penggunaan model pembelajaran PjBL berbasis media aquascape. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran PjBL berbasis media Aquascape terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar peserta didik pada materi eksositem. Penelitian ini menggunakan design …

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVAS…

FARAH DINA

Model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) adalah model pembelajaran yang mengkombinasikan ketiga gaya belajar (melihat, mendengar, dan bergerak) setiap individu dengan cara memanfaatkan potensi yang telah dimiliki. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) pada materi sistem pencernaan manusia dan mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik setelah p…

ANALISIS KANDUNGAN HARA NPK PUPUK ORGANIK CAIR (POC) LAMTORO (LEUCAENA LEUCOC…

SITI HUMAIRA

Tanaman lamtoro memiliki kandungan nutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk organik cair. Namun, kandungan nutrisi pada pupuk organik cair dapat berubah-ubah dikarenakan oleh beberapa faktor, salah satunya lama fermentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan hara N, P, K pupuk organik cair berdasarkan variasi lama fermentasi dan mengetahui variasi lama fermentasi yang paling bagus dalam meningkatkan kandungan hara N, P, K pupuk organik cair lamtoro. Penelitian ini…




    SERVICES DESK