Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN APLIKASI ASSEMBLR E…

Aulia Margareta Prakatiwi

Aulia Margareta Prakatiwi (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Menggunakan Aplikasi Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI SMA Negeri 14 Banda Aceh. Skripsi. Universitas Syiah Kuala. Dibawah bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd., M.Soc., Sc. dan Cut Vita Rajiatul Jummi, S.Pd., M.Pd. Pendidikan adalah proses memperoleh ilmu, dan keterampilan melalui pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, proses pembelajaran membutuhkan metode, media serta strategi yang tepat. Namun …

PENGARUH PEMANFAATAN IRIGASI KRUENG JREU SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI TERH…

Zelita Wulandari

Pemanfaatan sumber belajar dari lingkungan merupakan pendekatan yang efektif dalam pendidikan, di mana siswa dapat belajar langsung dari pengalaman nyata di sekitar mereka. Dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar, siswa dapat mengamati, menganalisis, dan berinteraksi dengan berbagai elemen alam dan sosial yang ada di sekitar mereka. Mengatakan bahwa kemampuan berpikir kritis menjadi hal penting yang harus memiliki siswa terutama di abad ke-21 ini, apabila kemampuan siswa dalam be…

PENGEMBANGAN ASESMEN LITERASI PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KURIKULUM MERDEKA …

ASIAH

ABSTRAK Asiah (2025). Pengembangan Asesmen Literasi Pada Mata Pelajaran Geografi Dalam Kurikulum Merdeka di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya penerapan asesmen literasi dalam pembelajaran geografi, terutama pada sekolah yang belum menjadikan geografi sebagai mata pelajaran wajib, berdasarkan hasil obsevasi awal di SMA Kota Banda Aceh pada tahun 2024 yaitu 81,25% sekolah yang belum menerapkan soal literasi dan 18,25% yang sudah menerapkan soal liter…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENCE,…

Ahmad Rizki

Ahmad Rizki. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi Kelas X IPS Di SMAN 1 Ingin Jaya. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah Bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd., M.Soc.Sc., dan Mice Putri Afriyani, S.Pd., M.Sc. Pembelajaran abad-21 menuntun peserta didik memiliki beberapa karakteristik dan pengetahuan yang kompleks diserta…

HUBUNGAN RESILIENSI AKADEMIK DAN SELF COMPASSION DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA…

Rosy Dwi Ani

Rosy Dwi Ani. (2024). Hubungan Resiliensi Akademik dan Self Compassion dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah Bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd., M.Soc.Sc., dan Mice Putri Afriyani, S.Pd., M.Sc. Tugas akhir (skripsi) merupakan penugasan akademik yang harus dihadapi oleh setiap mahasiswa. Sebagian mahasiswa menganggap bahwa skripsi merupakan hal yang menakutkan bahkan dirasa berat jika mengerj…

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN E LEARNING DI FAKULTA…

AFRA NABILA

Nabila,Afra. (2024). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan E Learning di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd, M.Soc.Sc., dan Mice Putri Afriyani S.Pd., M.Sc. Teknologi informasi memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan produktif. Salah satu jenis media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi untuk mempercepat proses belajar mengajar dalam pendidikan globa…

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORLD MAP QUIZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIA…

NURMALIAH

Kemampuan berpikir spasial yaitu kemampuan dalam memahami dan mengidentifikasi unsur-unsur permukaan bumi dengan menggunakan representasi berbagai informasi melalui media atau alat serta menganalisis secara keruangan. Kemampuan ini diperlukan dalam mempelajari ilmu geografi yang memiliki cara berpikir yang sama yaitu dengan berpikir secara ruang atau spasial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran World Map Quiz terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada …

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPATIAL BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKI…

Muhammad Arief

Muhammad Arief. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Spatial Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa pada Pembelajaran Geografi di Kelas X IPAS MAS Darul Ulum. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah Bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd., M.Soc.Sc., dan Dr. Ahmad Nubli Gadeng, S.Pd., M.Pd. Pembelajaran geografi berperan penting karena dalam pendidikan ditekankan pada pembiasaan atau penanaman keterampilan berpikir spasial. Siswa dituntut memiliki kemampuan berpikir spasi…

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MAGAZINE BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATER…

Nadiya Riska

Rendahnya motivasi belajar siswa merupakan fenomena yang masih sering dijumpai dalam proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran dengan media utama buku teks dilihat belum mampu meningkatkan motivasi belajar. Penelitian bertujuan mengembangkan media pembelajaran e-magazine berbasis kearifan lokal pada materi mitigasi bencana alam untuk memvariasikan cara penyajian materi dari buku teks yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian berpedoman pada pende…

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBANTU…

MULIA RIZKIANA

Mulia Rizkiana, (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Berbantuan Media Question Card Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Geografi Siswa SMA Negeri 9 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. M. Hafizul Furqan, S. Pd., M.Pd. Salah satu cara untuk menumbuhkan siswa berpikir kritis dalam pembelajaran adalah menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dan dapat memotivasi siswa, sehingga dengan…




    SERVICES DESK