Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



HUBUNGAN RESILIENSI AKADEMIK DAN SELF COMPASSION DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA…

Rosy Dwi Ani

Rosy Dwi Ani. (2024). Hubungan Resiliensi Akademik dan Self Compassion dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah Bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd., M.Soc.Sc., dan Mice Putri Afriyani, S.Pd., M.Sc. Tugas akhir (skripsi) merupakan penugasan akademik yang harus dihadapi oleh setiap mahasiswa. Sebagian mahasiswa menganggap bahwa skripsi merupakan hal yang menakutkan bahkan dirasa berat jika mengerj…

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN E LEARNING DI FAKULTA…

AFRA NABILA

Nabila,Afra. (2024). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan E Learning di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd, M.Soc.Sc., dan Mice Putri Afriyani S.Pd., M.Sc. Teknologi informasi memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan produktif. Salah satu jenis media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi untuk mempercepat proses belajar mengajar dalam pendidikan globa…

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORLD MAP QUIZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIA…

NURMALIAH

Kemampuan berpikir spasial yaitu kemampuan dalam memahami dan mengidentifikasi unsur-unsur permukaan bumi dengan menggunakan representasi berbagai informasi melalui media atau alat serta menganalisis secara keruangan. Kemampuan ini diperlukan dalam mempelajari ilmu geografi yang memiliki cara berpikir yang sama yaitu dengan berpikir secara ruang atau spasial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran World Map Quiz terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada …

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPATIAL BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKI…

Muhammad Arief

Muhammad Arief. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Spatial Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa pada Pembelajaran Geografi di Kelas X IPAS MAS Darul Ulum. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah Bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd., M.Soc.Sc., dan Dr. Ahmad Nubli Gadeng, S.Pd., M.Pd. Pembelajaran geografi berperan penting karena dalam pendidikan ditekankan pada pembiasaan atau penanaman keterampilan berpikir spasial. Siswa dituntut memiliki kemampuan berpikir spasi…

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MAGAZINE BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATER…

Nadiya Riska

Rendahnya motivasi belajar siswa merupakan fenomena yang masih sering dijumpai dalam proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran dengan media utama buku teks dilihat belum mampu meningkatkan motivasi belajar. Penelitian bertujuan mengembangkan media pembelajaran e-magazine berbasis kearifan lokal pada materi mitigasi bencana alam untuk memvariasikan cara penyajian materi dari buku teks yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian berpedoman pada pende…

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBANTU…

MULIA RIZKIANA

Mulia Rizkiana, (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Berbantuan Media Question Card Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Geografi Siswa SMA Negeri 9 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. M. Hafizul Furqan, S. Pd., M.Pd. Salah satu cara untuk menumbuhkan siswa berpikir kritis dalam pembelajaran adalah menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dan dapat memotivasi siswa, sehingga dengan…

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MA…

Dara muftiana

Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pentingnya pemahaman suatu konsep, pengetahuan siswa dari pengalaman pada saat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu media pembelajaran yang dapat diajarkan yaitu media maket. media maket adalah benda tiga dimensi yang dapat digunakan sebagai tiruan untuk menjelaskan keadaaan yang sebenarnya. Media maket dapat digunakan dalam pembelajaran untuk mewakili benda asli yang sulit untuk disajikan didalam kelas…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA MIS…

RUHANA

Ruhana (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Mistery Box Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kluet Timur.[ Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Fitriani Yulianti, S.P., S.Pd., M.Pd dan Dr. M. Hafizul Furqan, S.Pd., M.Pd. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang melibatkan permasalahan di kehidupan nyata, dimana dalam model ini siswa dapat melatih da…

ANALISIS KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROJEK PENGUATAN PR…

Ruwaida

ABSTRAK Ruwaida. (2024). Analisis Kesiapan Guru Geografi Dalam Mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka Pada SMA di Kabupaten Bireuen. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Novia Zalmita, S.Pd., M.Pd dan Dr. M. Hafizul Furqan S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangin dengan permasalahan yang di hadapi guru dengan perubahan kurikulum (K-13) menjadi kurikulum merdeka belajar memberikan hambatan baru bagi guru dalam mengimple…

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BER…

NADYATUN NAYLIS

Nadyatun Naylis (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Geografi Siswa SMAN 1 Kuta Baro. Model pembelajaran kooperatif adalah mengembangkan kreativitas siswa baik secara perorangan maupun kelompok. Group Investigation merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling komplek. Pada dasarnya model ini dirancang untuk membimbing peserta didik mendefiniskan topik-topik materi yang mengara…




    SERVICES DESK