Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI…

Ardian Syahputra

Ardian Syahputra. (2024). Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT di SMPN 13 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Usman, S.Pd., M.Pd., dan Drs. M. Hasbi, M.Pd. Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa melalui pe…

PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLE…

Rayhani

Rayhani. (2024). Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning di SMPN 5 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. M. Hasbi M.Pd., dan Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika melalui model problem based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain pre eksperiment…

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E…

Noor Haslinda

Noor Haslinda. (2024). Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data melalui Model Learning Cycle 5E (LC5E) di SMPN 8 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Drs. Anwar, M.Pd., dan Dr. Usman, S.Pd., M.Pd. Rendahnya ketuntasan belajar siswa pada materi penyajian data merupakan fenomena yang ditemukan oleh banyak guru. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan untuk mencapai ketuntasan belajar pada materi penyajian data adalah Model Learning Cycle 5E (LC5E).…

KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA…

Hayatun

ABSTRAK Hayatun. (2024). Ketuntasan belajar siswa melalui model discovery learning pada materi teorema phytagoras di kelas VIII SMP N 13 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Suhartati, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Elizar S.Pd., M.Ed. (MT). Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh proses belajar yang masih berpusat pada pendidik dan peserta didik kurang antusias dalam pembelajaran matematika. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matem…

PENERAPAN MODEL IMPROVE TERHADAP RNKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA …

Farah Fadhilla Mahfud

Salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikuasi dalam bidang matematika adalah kemampuan berpikir kritis. Namun faktanya, kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan tidak dapat melibatkan siswa secara aktif dan hanya berfokus pada menghafal materi tanpa pemahaman konsep. Penerapan model pembelajaran yang aktif penting diterapkan. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran IMPROVE atau Introducing the new conc…

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING …

Nisrina Dwi Putri

Kemampuan pemahaman matematis merupakan dasar yang harus dikuasai siswa dalam proses pembelajaran dan untuk menyelesaikan masalah matematika. Namun, pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki kemampuan pemahaman matematis yang baik. Banyak siswa belum bisa memilih prosedur atau operasi yang sesuai dalam menyelesaikan soal, siswa belum bisa mengaplikasikan konsep yang telah diajarkan jika diberikan soal cerita, siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang modelnya sedikit berbeda …

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA KEL…

BETHANIA SHEVANY ROSSAMEVIA

Materi statistika merupakan salah satu materi yang dianggap sulit yang menyebabkan siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan berakibat hasil belajar pada materi statistika masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya yaitu model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih belum sesuai. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengefektifkan pembelajaran pada materi statistika. Penelitian ini …

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KONTEKS ISLAMI PADA MATER…

NUR AKMALINA

Aceh sebagai daerah istimewa yang memiliki hak-hak otonomi khusus dalam bidang agama, adat, dan pendidikan. Melalui pendidikan dapat menjadikan terobosan baru dalam menegakan syariat islam di Aceh. Tujuan penelitian ini adalah melalui pendekatan model problem based learning terintegrasi konteks islami siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah pre experimental design atau desain eksprimen yang tidak…

PROSES SCAFFOLDING BAGI SISWA YANG MENGALAMI DISKALKULIA PADA MATERI OPERASI …

AYU PRATIWI RAHMATUNISAH

Ayu Pratiwi Rahmatunisah (2022). Proses scaffolding bagi Siswa yang Mengalami Diskalkulia pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Scaffolding memiliki peran sebagai bantuan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa yang mengalami diskalkulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses scaffolding bagi siswa yang mengalami diskalkulia pada materi operasi hitung bilangan cacah. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Subjek penelitian yaitu enam sis…

PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMA…

NYA` NADILA SABRINA

ABSTRAK Nya’ Nadila Sabrina (2023). Pengaruh Self Efficacy terhadap Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur. Self efficacy merupakan salah satu faktor rendahnya pemahaman matematis siswa di Indonesia. Self efficacy adalah kepercayaan diri akan kemampuan yang seseorang punya, dan kepercayaan bahwa ia dapat menyelesaikan suatu masalah. Diharapkan dengan self efficacy dapat membantu siswa mencapai pemahaman matematis. Tujuan penelitian ini…




    SERVICES DESK