Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA REALIA DALAM MEN…

Ridha melysa phonna

Phonna, Ridha Melysa. 2024 Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Realia Untuk meningkatkan hasil belajar Geigrafi Kelas X IPS di SMAS Insafuddin Kota Banda Aceh. Skripsi, Universitas Syiah Kuala. Dibawah bimbingan Fitriani Yulianti, S.Pd, M.Pd., dan Cut Vita Rajiatul Jumi, S.Pd, M.Pd Proses pembelajaran yang berpusat kepada guru, membuat siswa menjadi merasa bosan belajar, sehingga berdampak terhadap menurunya hasil belajar. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui …

PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHAD…

Fahrul Adhar

Fahrul Adhar (2024). Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Geografi Siswa IPS Kelas X SMA Negeri 1 Teunom. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si dan Dr. M. Hafizul Furqan, S.Pd., M.Pd. Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis…

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBANTU…

MULIA RIZKIANA

Mulia Rizkiana, (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Berbantuan Media Question Card Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Geografi Siswa SMA Negeri 9 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. M. Hafizul Furqan, S. Pd., M.Pd. Salah satu cara untuk menumbuhkan siswa berpikir kritis dalam pembelajaran adalah menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dan dapat memotivasi siswa, sehingga dengan…

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SSCS BERBANTUAN MEDIA PETA TEMATIK TERH…

HASBUL JALIL

ABSTRAK Hasbul Jalil (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SSCS Berbantuan Media Peta Tematik terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 1 Aceh Selatan. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Bapak Daska Azis, S.Pd, M.A dan Bapak Dr. Muhammad Hafizul Furqan, S.Pd, M.Pd. Model pembelajaran merupakan salah satu komponen terpenting dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang monoton dan tidak inovatif menjadi faktor rendahnya hasil belajar geograf…

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MA…

Dara muftiana

Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pentingnya pemahaman suatu konsep, pengetahuan siswa dari pengalaman pada saat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu media pembelajaran yang dapat diajarkan yaitu media maket. media maket adalah benda tiga dimensi yang dapat digunakan sebagai tiruan untuk menjelaskan keadaaan yang sebenarnya. Media maket dapat digunakan dalam pembelajaran untuk mewakili benda asli yang sulit untuk disajikan didalam kelas…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA MIS…

RUHANA

Ruhana (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Mistery Box Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kluet Timur.[ Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Fitriani Yulianti, S.P., S.Pd., M.Pd dan Dr. M. Hafizul Furqan, S.Pd., M.Pd. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang melibatkan permasalahan di kehidupan nyata, dimana dalam model ini siswa dapat melatih da…

ANALISIS KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROJEK PENGUATAN PR…

Ruwaida

ABSTRAK Ruwaida. (2024). Analisis Kesiapan Guru Geografi Dalam Mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka Pada SMA di Kabupaten Bireuen. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Novia Zalmita, S.Pd., M.Pd dan Dr. M. Hafizul Furqan S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangin dengan permasalahan yang di hadapi guru dengan perubahan kurikulum (K-13) menjadi kurikulum merdeka belajar memberikan hambatan baru bagi guru dalam mengimple…

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BER…

NADYATUN NAYLIS

Nadyatun Naylis (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Geografi Siswa SMAN 1 Kuta Baro. Model pembelajaran kooperatif adalah mengembangkan kreativitas siswa baik secara perorangan maupun kelompok. Group Investigation merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling komplek. Pada dasarnya model ini dirancang untuk membimbing peserta didik mendefiniskan topik-topik materi yang mengara…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EARTHCOMM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL SIS…

Rozatul Sepdri Yana

ABSTRAK Rozatul Sepdri Yana. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran EarthComm Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Meukek. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Fitriani Yulianti, S.P., S.Pd., M.Pd dan Dr. M. Hafizul Furqan S.Pd. M.Pd. Pendidikan adalah faktor penting yang mempengaruhi proses kemajuan individu dan bangsa. Berkaitan dengan pentingnya pendidikan, diperlukan model pembelajaran dan metode mengajar yang memun…

PEMANFAATAN CHATBOT ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI ALAT BANTU DALAM MENYELES…

Amelia Putri Nabila

Amelia Putri Nabila. (2024). Pemanfaatan Chatbot Artificial Intelligence Sebagai Alat Bantu Dalam Menyelesaikan Tugas di Kalangan Mahasiswa Geografi USK. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Daska Aziz S.Pd, M.A dan Dr. M. Hafizul Furqan S.Pd., M.Pd. Dunia pendidikan telah memasuki era baru yang dikenal sebagai pendidikan 4.0, dalam Era Revolusi Industri 4.0, pendidikan harus diubah ke arah yang lebih baik untuk mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ke…




    SERVICES DESK