Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NE…

NURJANNAH

ABSTRAK NURJANNAH (2025) , Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh [Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Usman, S.Pd., M.Pd dan Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc Pemahaman matematis siswa pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII/9 SMP Negeri 2 Banda Aceh masih tergolong rendah. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal persamaan garis lurus karena belum sepenuhnya memahami konsep dasar ma…

PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MAT…

Indah Maulida Harahap

Indah Maulida Harahap (2025). Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Geogebra Pada Materi Segitiga di Kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Dra. Erni Maidiyah, M.Pd. dan Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A., EdSc. Tujuan pembelajaran matematika dapat dianggap tercapai jika siswa menunjukkan hasil belajar yang memuaskan. Namun, kenyataannya hasil belajar matematika siswa masih belum mencapai ketuntasan. Salah satu solusi agar …

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MATERI PELUANG BER…

Tara Amaliana

Proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan di sekolah masih berpusat pada guru, dimana kegiatan belajar mengajar didominasi oleh guru dan siswa hanya mendengar, mecatat dan mengerjakan latihan yang diberikan guru. Akibatnya siswa kurang termotivasi dan kesulitan dalam mengaitkan konsep matematika dengan situasi dunia nyata. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang tergolong rendah, termasuk hasil belajar pada materi peluang. Discovery learningberbantuan wizer.memerupakan mod…

ANALISIS BUTIR SOAL PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAIRNDAN BERBALIK NILAI MENG…

RAYHAN MULYANUR

Rayhan Mulyanur. (2025). Analisis Butir Soal pada Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Menggunakan Media Quizizz di Kelas VII SMPN 18 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. M. Hasbi, M.Pd. dan Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc. Rendahnya kualitas butir soal pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran menyebabkan hasil evaluasi tidak mencerminkan kemampuan siswa secara akurat. Oleh karena itu, di…

ANALISIS JARAK JANGKAUAN JARINGAN FIBER TO THE HOME (FTTH) DENGAN TEKNOLOGI G…

Nurhamidah

Perkembangan teknologi telekomunikasi yang pesat dan meningkatnya kebutuhan akan akses internet berkecepatan tinggi menuntut solusi yang efisien untuk memenuhi kebutuhan konektivitas modern. Fiber To The Home (FTTH) dengan teknologi Gigabit Passive Optical Network (GPON) menjadi pendekatan yang efektif dalam menyediakan layanan dengan bandwidth tinggi. Penelitian ini berfokus pada analisis jarak jangkauan maksimum jaringan FTTH melalui perhitungan link power budget dan simulasi performa jarin…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 LHOKNGA BERDASARKAN…

Mutia Riski

ABSTRAK Mutia Riski. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 3 Lhoknga Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dra. Suryawati, M.Pd., dan Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc. Rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika sering ditemukan dalam proses pembelajaran matematika. salah satu kerangka yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matemat…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATI…

Liuza

Liuza. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Berbantuan Comic Kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh. [Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Drs. Anwar, M.Pd., dan Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc. Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat penting dimiliki oleh siswa pada pembelajaran matematika. Kenyataanya menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan matematis siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Oleh kare…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN KONTEKS ZAKAT DI KELAS VII SMP

NASUHA FATIHA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang selama ini hanya terfokus pada menghafal rumus-rumus untuk menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 24 orang. I…

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI SISWA PADA MATERI PECA…

CUT FEBRIYOLA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa yang selama ini hanya terfokus pada menghafal rumus-rumus untuk menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemampuan pemahaman matematis siswa dengan resiliensi tinggi, resiliensi sedang, dan resiliensi rendah pada materi pecahan di SMP Negeri 3 Montasik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Neg…

HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM B…

Maidayani

Maidayani. (2024). Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Aritmetika Sosial di SMP Negeri 8 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. M. Hasbi, M.Pd., dan Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc. Rendahnya hasil belajar siswa sering kali disebabkan oleh kurangnya minat dan motivasi yang terkait dengan metode pengajaran yang tidak efektif. Oleh karena itu, metode pembelajaran konvensional perlu diganti dengan pendekat…




    SERVICES DESK