Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 LHOKNGA BERDASARKAN…

Mutia Riski

ABSTRAK Mutia Riski. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 3 Lhoknga Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dra. Suryawati, M.Pd., dan Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc. Rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika sering ditemukan dalam proses pembelajaran matematika. salah satu kerangka yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matemat…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATI…

Liuza

Liuza. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Berbantuan Comic Kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh. [Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Drs. Anwar, M.Pd., dan Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc. Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat penting dimiliki oleh siswa pada pembelajaran matematika. Kenyataanya menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan matematis siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Oleh kare…

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MATERI PELUANG BER…

Tara Amaliana

Proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan di sekolah masih berpusat pada guru, dimana kegiatan belajar mengajar didominasi oleh guru dan siswa hanya mendengar, mecatat dan mengerjakan latihan yang diberikan guru. Akibatnya siswa kurang termotivasi dan kesulitan dalam mengaitkan konsep matematika dengan situasi dunia nyata. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang tergolong rendah, termasuk hasil belajar pada materi peluang. Discovery learningberbantuan wizer.memerupakan mod…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN KONTEKS ZAKAT DI KELAS VII SMP

NASUHA FATIHA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang selama ini hanya terfokus pada menghafal rumus-rumus untuk menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 24 orang. I…

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI SISWA PADA MATERI PECA…

CUT FEBRIYOLA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa yang selama ini hanya terfokus pada menghafal rumus-rumus untuk menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemampuan pemahaman matematis siswa dengan resiliensi tinggi, resiliensi sedang, dan resiliensi rendah pada materi pecahan di SMP Negeri 3 Montasik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Neg…

HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM B…

Maidayani

Maidayani. (2024). Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Aritmetika Sosial di SMP Negeri 8 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. M. Hasbi, M.Pd., dan Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc. Rendahnya hasil belajar siswa sering kali disebabkan oleh kurangnya minat dan motivasi yang terkait dengan metode pengajaran yang tidak efektif. Oleh karena itu, metode pembelajaran konvensional perlu diganti dengan pendekat…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENYAJIAN DAT…

Yulian Dara

Tercapainya tujuan pembelajaran matematika dapat ditinjau berdasarkan hasil belajar siswa yang memenuhi ketuntasan. Namun, hasil belajar matematika siswa pada kenyatannya masih belum mencapai. Salah satu solusi agar capaian pembelajaran siswa dapat meningkatkan yaitu dengan mengaitkan permasalahan sehari-hari dengan materi penyajian data. Model problem based learning dapat menggiring siswa untuk menyelesaikan permasalahan dengan menghubungkan pengetahuan yang telah diperolehnya, sehingga aka…

TREN PENELITIAN PENGGUNAAN AI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STUDI KASUS TAHU…

Rizki Dwi Utami

Perkembangan pesat teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran matematika telah menjadikan AI topik menarik bagi peneliti dan praktisi pendidikan. AI memberikan pengalaman belajar yang lebih personal dibandingkan metode tradisional, memungkinkan penyesuaian konten sesuai kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tren penggunaan AI dalam pendidikan matematika di Indonesia pada berbagai tingkat selama periode 2020 hingga 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan…

PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLE…

Rayhani

Rayhani. (2024). Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning di SMPN 5 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. M. Hasbi M.Pd., dan Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika melalui model problem based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain pre eksperiment…

VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN KONTEKS ISLAMI PADA …

Mariana Syahfitri

ABSTRAK Mariana Syahfitri (2024). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Website dengan Konteks Islami pada Materi Statistika. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Rahmah Johar, S.Pd., M.Pd., dan Suhartati, S.Pd., M.Pd. Kemajuan teknologi semakin canggih dan pesat menjadikan informasi lebih mudah diakses, begitu juga dengan pembelajaran. Guru sangat berperan penting dalam memberikan inovasi dan kretivitas dalam merancang pembelajaran. Namun dalam kegiatan p…




    SERVICES DESK