Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 3D SEJARAH TAPAKTUAN DI ACEH SELATAN

Fadli Azmi

Proyek ini bertujuan untuk memproduksi video animasi 3D yang menggambarkan legenda Sejarah Tapaktuan di Aceh Selatan. Video ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak Blender 3.4 untuk pemodelan, rigging, animasi, dan rendering, serta CapCut Desktop untuk proses pasca-produksi. Tahapan pengerjaan mencakup praproduksi berupa pengumpulan data dan pembuatan storyboard, produksi dengan membuat model 3D karakter dan lingkungan, serta pasca-produksi dengan pengeditan video, penambahan efe…

PEMBUATAN WEBSITE PPDB PADARNTPA AL-MUKHAYYARAH

Rahmat Sultan Khalis

Proses penerimaan siswa di TPA Al-Mukhayyarah selama ini dilakukan secara manual, yang menyebabkan inefisiensi seperti waktu pemrosesan yang lama dan peningkata n risiko kesalahan dalam pengelolaan data. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem PPDB berbasis website di TPA Al- Mukhayyarah, yang memudahkan calon siswa untuk mendaftar dan mengakses informasi serta meningkatkan efisiensi pengelolaan proses penerimaan oleh pihak TPA. Website ini diban…

PERANCANGAN ANIMASI 3D CERITA RAKYAT AHMAD RHANG MANYANG

Auriel Rizki

Proyek akhir ini bertujuan untuk mengadaptasi cerita rakyat Aceh, "Ahmad Rhang Manyang," ke dalam bentuk animasi 3D berdurasi 4 menit dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dan format MP4. Proses pembuatan animasi dilakukan menggunakan Blender 4.2 untuk produksi dan Adobe After Effects untuk penyuntingan. Tahapan meliputi perencanaan, pembuatan storyboard, desain karakter, hingga produksi animasi dengan fokus pada visual yang menarik serta tetap menjaga pesan moral cerita. Animasi ini dihar…

PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI CABANG OLAHRAGA BERBASIS WEBSITE PADA KONI…

Aufa Kasyifurrahman Okib

Perancangan dan pembuatan UI/UX sistem informasi cabang olahraga ini bertujuan untuk memudahkan pihak kantor untuk menampilkan dan mengupdate informasi dari setiap cabang olahraga pada sebuah website yang dapat di akses oleh masyarakat umum. Pembuatan UI/UX system informasi cabang olahraga ini dilakukan dengan metode perancangan Design UI/UX dan menggunakan prototype sebagai Live Demo dengan menggunakan Software Adobe XD dan Adobe Illustrator. Kata Kunci : UI/UX system informasi cabang ola…

ANIMASI 2D PROSES PEMBENTUKAN HUJAN BERDASARKAN AL-QUR’AN DAN PERSPEKTIF IL…

Aidila Fitriani

ABSTRAK Hujan adalah fenomena jatuhnya air dari atmosfer ke permukaan bumi, yang terjadi melalui proses siklus air. Siklus air terbagi menjadi tiga tahapan yaitu siklus air panjang, siklus air sedang dan siklus air pendek. Dalam pandangan umat Islam, peristiwa alam seperti hujan melibatkan kehendak Allah SWT. Namun banyak masyarakat terutama pelajar, hanya memahami terjadinya hujan secara umum tanpa mengetahui proses-proses ilmiah yang mendasarinya, serta jenis-jenis awan yang berperan. Me…

PEMBUATAN VIDEO ANIMASI EDUKASI 3D ASAL USUL MATA UANG BITCOIN DAN PERUBAHAN …

Luthfi Maulana

Video animasi ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi edukasi 3D yang menjelaskan asal usul mata uang Bitcoin serta perubahan paradigma yang ditimbulkannya dalam sistem keuangan global. Metode penelitian melibatkan riset mendalam mengenai sejarah Bitcoin, pengumpulan data tentang teknologi blockchain, dan penyusunan skenario naratif yang informatif dan menarik. Proses animasi mencakup visualisasi konsep teknis seperti mining, blockchain, dan desentralisasi. Video animasi ini dihar…

SEJARAH SINGKAT BIOGRAFI B.J. HABIBIE - RNPERJALANAN SEORANG VISIONER BERBASI…

M. Ridha Fachrulrozy

Penelitian ini berfokus pada pengembangan video animasi 3D yang menggambarkan biografi singkat B.J. Habibie, tokoh penting dalam sejarah Indonesia yang dikenal sebagai presiden ketiga dan ilmuwan terkemuka. Menggunakan software Blender, animasi ini dirancang untuk menyajikan perjalanan hidup Habibie secara komprehensif dan menarik, terutama bagi generasi muda yang mungkin kurang familiar dengan kontribusinya. Proses produksi mencakup beberapa tahap, termasuk storyboard, modeling, …

SISTEM ABSENSI KEPEGAWAIAN BERBASISRNWEB DENGAN FITUR PEMANTAUAN LOKASIRNDI A…

Nazhifa Dhiya Ulhaq

ABSTRAK Proyek akhir ini berjudul "Sistem Absensi Kepegawaian Berbasis Web dengan Fitur Pemantauan Lokasi di Alftyan School Aceh." Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan sistem absensi yang efisien dan akurat guna mendukung manajemen kehadiran pegawai di Alftyan School Aceh. Sistem absensi tradisional yang masih mengandalkan tanda tangan manual seringkali tidak efektif dan rentan terhadap manipulasi data, sehingga diperlukan solusi yang lebih modern dan terpercaya. Tujuan …

SISTEM REKOMENDASI KEDAI KOPI DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN FRAMEWORK TAILWI…

M. Fauzul Aldanis

Proyek ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan sistem rekomendasi kopi yang memungkinkan konsumen lebih mudah memilih kopi berdasarkan selera dan preferensi nya. Sistem ini memberikan informasi komprehensif tentang berbagai pilihan kopi, memungkinkan pengguna untuk mencari kedai kopi berdasarkan jenis bubuk kopi dan lokasi berdasarkan kecamatan. Dengan fungsi pencarian interaktif, sistem ini memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dan memudahkan pengguna menemukan kopi pilihannya. Imp…

EKSPLORASI RUMAH SEHAT DALAM ANIMASI 3 DIMENSI MENGGUNAKAN METODE MDLC (MULTI…

Amira Lutfiyah Zulfakar

Pembuatan video animasi 3D eksplorasi rumah sehat ini bertujuan untuk memvisualisasikan konsep rumah yang mendukung kesehatan penghuninya. Melalui teknologi animasi 3D serta sebagai alat edukasi yang efektif bagi masyarakat umum. Minimnya pemahaman masyarakat mengenai konsep rumah sehat memotivasi proyek ini guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait pentingnya menciptakan lingkungan rumah yang sehat. Pembuatan video animasi ini melalui metode MDLC (Mutimedia Develop…




    SERVICES DESK