Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

KOMUNIKASI PERSUASIF RUMOH GIZIRNGAMPONG (RGG) GAMPONG JAWA BANDA ACEH DALAM …

NAFISATUN NISA

Gampong Jawa merupakan gampong yang memiliki angka stunting tertinggi dibandingkan 22 gampong lainnya di Banda Aceh dengan anak stunting 38 orang. Salah satu upaya pemerintah Aceh dalam menurunkan angka stunting adalahdengan program Rumoh Gizi Gampong (RGG). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif RGG Gampong Jawa Banda Aceh dalam mengurangi angka stunting. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan yang dikemukakan oleh Charles B…

PEMANFAATAN CELEBRITY ENDORSEMENT DALAM MENUNJANG PENJUALAN PRODUK MOCHICHA B…

Cut Putro Irhamna

Toko Kue Mochicha merupakan sebuah toko kue yang menyajikan berbagai variasi kue Mochi dan aneka jajanan. Toko Kue Mochicha menggunakan berbagai strategi promosi dalam memasarkan produknya, salah satunya adalah celebrity endorsement. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pemanfaatan celebrity endorsement dalam menunjang penjualan produk Mochicha. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Retorika Undangan. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan info…

STRATEGI KOMUNIKASI TULAR NALAR MAFINDO DALAM PEMBERDAYAAN LITERASI DIGITAL P…

Syarifah Dhamratus Shiddiqah

Peningkatan penggunaan internet di kalangan lansia terus meningkat. Namun, keterbatasan keterampilan digital menjadikan lansia sebagai kelompok yang rentan terhadap penipuan digital. Pada tahun 2019, Aceh menjadi salah satu wilayah dengan tingkat penyebaran hoaks tertinggi di Indonesia. Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) melalui program Tular Nalar berupaya memberikan edukasi literasi digital kepada kelompok rentan termasuk lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kom…

PENGARUH MOTIVASI HUBUNGAN PARASOSIAL PENGGEMAR NCT (NCTZEN) TERHADAP KEPUTUS…

Cut Syarifah Nurul Fathia

ABSTRAK Hubungan parasosial berkembang melalui konstruksi interaksi oleh penggemar dan idola favoritnya di media sosial. Fitur Bubble merupakan layanan komunikasi berbayar dan eksklusif yang memberikan kesempatan pada penggemar untuk berinteraksi dan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan idolanya secara privat dan interaktif. Ketertarikan dan hubungan emosional yang terjalin erat antara penggemar dan idolanya memotivasi penggemar dalam mengembangkan perilaku pembelian penggemar, y…

  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Ilmu Komunikasi, Banda Aceh - 2024
  • Baca Selengkapnya

PENGARUH TERPAAN IKLAN BIBIT DI TIKTOK TERHADAP MINAT INVESTASI DI BIBIT PADA…

FITRI RAMADINA

Jumlah investor meningkat selama masa pandemi Covid-19, jumlah ini didominasi oleh kelompok usia di bawah 30 tahun. Fenomena ini bersamaan dengan berkembangnya digitalisasi pada dunia ekonomi (fintech) yaitu reksadana yang dikenal sebagai instrumen investasi pilihan bagi investor pemula. Salah satu reksadana yang paling populer adalah Bibit Investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan Bibit di TikTok terhadap minat investasi di Bibit pada generasi z di Kota Band…

PENGARUH TERPAAN KAMPANYE ZERO WASTE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ZEROWASTE.ID_…

Wanna Zahara

ABSTRAK Jumlah sampah di Kota Banda Aceh dalam kurun waktu tiga tahun semakin meningkat. Salah satu jenis sampah yang jumlahnya paling besar adalah sampah plastik sehingga dibutuhkan kesadaran lingkungan untuk mengurangi volume sampah plastik. Kesadaran dalam menjaga lingkungan dapat ditumbuhkan secara efektif menggunakan media sosial. Zero waste menggunakan Instagram untuk kampanye meminimalisir penggunaan produk plastik sekali pakai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pe…

  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Ilmu Komunikasi, Banda Aceh - 2024
  • Baca Selengkapnya

FENOMENA DEINDIVIDUASI PADA PENGGUNA AKUN ANONIM KPOPERS DI MEDIA SOSIAL X

RAISYAH SITI HAFIFAH

Media sosial X memungkinkan penggunanya untuk menggunakan akun anonim dan menyembunyikan identitas pribadinya sehingga menyebabkan Kpopers lebih memilih melakukan interaksi secara anonim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fenomena deindividuasi yang terjadi pada pengguna akun anonim Kpopers di media sosial X. Teori yang digunakan adalah Social Identity of Deindividuation Effect (SIDE) oleh Reicher (1987). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendeka…

MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PENGGUNA APLIKASI INSTAGRAM PADA KALANGAN MAHASI…

Muhammad Khadzir

ABSTRAK Permasalahan dalam manajemen komunikasi pribadi di Instagram seringkali muncul terkait dengan kendali atas privasi dan kontrol terhadap konten yang dibagikan. Pengguna menghadapi dilema dalam menentukan batasan akses untuk pengikut, seperti dalam hal keluarga, teman, atau kenalan. Selain itu, tantangan juga muncul dalam mengelola komentar di unggahan untuk menjaga lingkungan yang positif dan aman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen privasi komunikasi …

TERPAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ABOUTTNG DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT B…

Anisah Mutiara Dewi

ABSTRAK Internet menjadi suatu kebutuhan utama untuk para pengguna seluler. Sebagai masyarakat, mengikuti kemajuan teknologi dan informasi dapat mempermudah akses data terkait industri pariwisata termasuk pada akun insagram @abouttng untuk mempromosikan wisata kuliner Pasar Lama Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari terpaan media sosial Instagram @abouttng dan citra destinasi terhadap minat berkunjung masyarakat Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan …


    SERVICES DESK