Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY UNTUK EKSPLORASI BATU NISAN KUNO ACEH

AHMAD ZAKIYYUL FIKRI

Abstrak - Sejarah Aceh merupakan bagian integral dari sejarah Indonesia yang kaya akan warisan budaya dan nilai-nilai sejarahnya. Namun, pengelolaan, pelestarian, dan penyampaian warisan budaya Aceh masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk kurangnya aksesibilitas terhadap informasi sejarah dan rendahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian warisan budaya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi Virtual Reality (VR) sebagai media eksplorasi dan pengenalan…

PERANCANGAN APLIKASI BERGERAK UNTUK INFORMASI PEMADAMAN LISTRIK PLN SECARA BE…

ASYIFA SHASABILLA

Listrik merupakan salah satu pendukung bagi masyarakat dan sebagai sumber ekonomi utama yang dibutuhkan dalam semua kegiatan seperti rumah tangga, penerangan, telekomunikasi, industri, pendidikan dan sektor lainnya. Mengingat arti penting listrik dalam kehidupan masyarakat, maka terjadinya pemadaman listrik secara berkala dapat menghambat aktivitas masyarakat. Pemadaman terjadi diakibatkan oleh dua faktor yaitu faktor yang direncanakan bertujuan untuk menghindari mati listrik total pada suatu…

SISTEM PENDETEKSI POTENSI KECURANGAN TRANSAKSI ATM DENGAN APACHE KAFKA SECARA…

FACHRUL RAZI

Big data bukan hanya tentang data dengan ukuran besar. Tetapi, data juga dihasilkan dengan sangat cepat. Seiring perkembangan teknologi, internet, dan pengguna internet, data datang dari beberapa sumber yang berbeda-beda dengan format yang berbeda-beda. Selain itu data harus bisa ditransformasi dengan cepat meningkatkan analisis untuk mengambil sebuah keputusan. Oleh karena itu banyak sekali kejahatan yang mengintai seperti pencurian data pribadi khususnya di dunia perbankan. Pengg…

IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HEWAN TERNAK…

TAUFIQ KURRAHMAN

Perkembangan teknologi pada saat ini menyebabkan anak-anak mendapatkan kemudahan akses penggunaan gadget, hal ini menjadikan anak lebih gemar bermain dengan gadget dibandingkan belajar. Hal ini menimbulkan pemikiran penulis untuk menggabungkan teknologi dan pendidikan menggunakan gadget. Media pendidikan dengan gadged menggunakan augmented reality sebagai metode penggabungannya. Augmented reality adalah penggabungan objek dunia maya dengan dunia nyata secara realtime. Penelitian i…

PERBANDINGAN MODEL KLASIFIKASI KARIES GIGI MENGGUNAKAN ARSITEKTUR RESNET-50, …

HAFIDH HABIBIE

Abstrak - Karies gigi adalah suatu penyakit yang dapat membuat struktur gigi rusak hingga mengakibatkan gigi menjadi berlubang. Namun, gejala karies sering tidak disadari hingga munculnya nyeri pada gigi yang akan berdampak pada gigi berlubang. Gigi karies yang sudah sangat parah hingga berlubang perlu dilakukan inspeksi secara langsung untuk pemeriksaan karies. Dengan diagnosa karies pada tingkat yang lebih awal, langkah-langkah pencegahan dan perawatan dapat diambil lebih awal. Ini dapat me…

ANALISIS KINERJA PROTOKOL AODV DAN AOMDV TERHADAP RUSHING-ATTACK PADA LINGKUN…

Ath-Thoriq Muttaqin

VANET merupakan sistem komunikasi nirkabel yang rentan terhadap serangan. Salah satu jenis serangan yang dapat mengganggu sistem komunikasi VANETs adalah rushing attack. Rushing attack merupakan jenis serangan yang bekerja mengacaukan jaringan dengan cara menduplikasi jumlah paket data dengan cepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji tingkat kerentanan dari routing protocol Ad-hoc On-Demand Distance Vector (AODV) dan Ad-hoc On-Demand Multipath Distance Vector (…

NETWORK-BASED INTRUSION DETECTION SYSTEM MENGGUNAKAN SNORT TERHADAP SMURF ATT…

M.ALZA ADRIANSYAH

Snort NIDS cukup banyak digunakan dalam hal pendeteksian traffic jaringan, akan tetapi kebanyakan dari penggunaan snort NIDS hanya mengandalkan terminal dari sistem yang digunakan untuk menampilkan hasil pendeteksian yang dilakukan, pada penelitian ini penulis menambahkan fitur tambahan untuk melengkapi kekurangan pada hal tersebut yakni dengan menambahkan interface tambahan berbasis web yakni BASE. Tujuan dari penelitian ini yakni berhasil mendeteksi serangan Smurf Attack yang di…

ANALISIS PENINGKATAN PERFORMANSI WEBSITE UMKM DENGAN MENGGUNAKAN DOCKER PADA …

KHAIRUNNAS

Perkembangan teknologi yang pesat berdampak pada pencarian informasi secara lebih efisien secara real time. Digunakan website yang membantu pengguna UMKM memuat informasi tentang bisnis. Sistem informasi berbasis web ini dikelola oleh seorang administrator yang mengelola sebuah website UMKM. Sistem ini berbasis plugin CMS, web server Apache, VM sebagai sistem dan MySQL sebagai database. Masalah yang ditemukan dalam akses berlebih oleh pengguna menyebabkan performa turun. Penelitian ini menggu…

DESAIN DAN IMPLEMENTASI TRNG DENGAN RING OSILATOR PADA INTEL FPGA

MUHAMMAD RIZKY ALFI HUSNI

Bilangan random/acak sudah menjadi kebutuhan dalam sejumlah bidang komputer, seperti kriptografi, enkripsi, permodelan ilmiah, dsb. Proses pembangkitan bilangan random dilakukan dengan pembangkit bilangan acak (RNG). Bilangan acak dapat dibangkitkan dengan RNG berbasis software (PRNG) maupun hardware (TRNG). PRNG umum digunakan karena dapat menghasilkan sekumpulan bilangan yang tampak random hanya dengan menggunakan suatu algoritma. Sementara itu TRNG dapat menghasilkan bilangan yang benar-b…

ANALISIS PERBANDINGAN AKURASI SNORT DAN GENERAL REGRESSION NEURAL NETWORK DAL…

RISKI RAHMAT RANI

DoS (Denial of Service) merupakan salah satu serangan yang mampu untuk melumpuhkan suatu layanan jaringan pada sistem komputer, saat ini, banyak aplikasi maupun sistem yang dikembangkan dengan tujuan untuk mendeteksi serangan DoS (Denial of Service), salah satu contohnya adalah Snort. Snort merupakan tool yang efektif dan akurat dalam mendeteksi penyusupan atau serangan pada jaringan komputer, akan tetapi snort terkadang memiliki akurasi yang rendah dalam melakukan deteksi suatu serangan. Pen…




    SERVICES DESK