Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED …

SIFA MAULIDA LINGE

Sifa Maulida Linge (2025). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Team Asissten Individually (TAI) dengan Cooverative Intergrated Reading and Compossition (CIRC) Pada Mata Pelajaran Goegrafi di SMA Negeri 1 Peukan Bada. [Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Fitriani Yulianti, S.P., S.Pd., M.Pd dan Dr. Syahrul Ridha, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENING…

ATHALA RANIA SALDA

Model pembelajaran Mind Mapping adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mengenali, serta menafsirkan informasi. Penelitian ini berjenis penelitian PTK yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru, keterampilan guru dan respon siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) Lembar pre-test dan post-test; (2) Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) Lembar pengamatan keterampilan…

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS SOFTWARE BLENDER UNTUK MENI…

Desi Fitriani

ABSTRAK Desi Fitriani (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Software Blender Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Bendahara. Proses pembelajaran memerlukan media untuk mendukung pembelajaran. Guru mengalami kesulitan dalam mengajar dan kurangnya minat belajar peserta didik, sehingga mengakibatkan rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut didasari karena masih banyak guru yang kesulitan menerapkan teknologi dalam …

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN E LEARNING DI FAKULTA…

AFRA NABILA

Nabila,Afra. (2024). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan E Learning di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd, M.Soc.Sc., dan Mice Putri Afriyani S.Pd., M.Sc. Teknologi informasi memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan produktif. Salah satu jenis media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi untuk mempercepat proses belajar mengajar dalam pendidikan globa…

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENIGKATKAN PE…

Rayhani

Rayhani. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Untuk Menigkatkan Pemahaman siswa Pada Materi Litosfer Kelas X SMA Negeri 1 Suka Makmue. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Daska Aziz S.Pd., M.A dan Cut Vita Rajiatul Jummi S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik pada pembelajaran geografi, sehingga mengurangi minat serta motivasi belajar siswa. Pembelajaran geografi materi Litosfe…

PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHAD…

Fahrul Adhar

Fahrul Adhar (2024). Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Geografi Siswa IPS Kelas X SMA Negeri 1 Teunom. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si dan Dr. M. Hafizul Furqan, S.Pd., M.Pd. Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis…

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SSCS BERBANTUAN MEDIA PETA TEMATIK TERH…

HASBUL JALIL

ABSTRAK Hasbul Jalil (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SSCS Berbantuan Media Peta Tematik terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 1 Aceh Selatan. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Bapak Daska Azis, S.Pd, M.A dan Bapak Dr. Muhammad Hafizul Furqan, S.Pd, M.Pd. Model pembelajaran merupakan salah satu komponen terpenting dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang monoton dan tidak inovatif menjadi faktor rendahnya hasil belajar geograf…

PEMANFAATAN CHATBOT ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI ALAT BANTU DALAM MENYELES…

Amelia Putri Nabila

Amelia Putri Nabila. (2024). Pemanfaatan Chatbot Artificial Intelligence Sebagai Alat Bantu Dalam Menyelesaikan Tugas di Kalangan Mahasiswa Geografi USK. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Daska Aziz S.Pd, M.A dan Dr. M. Hafizul Furqan S.Pd., M.Pd. Dunia pendidikan telah memasuki era baru yang dikenal sebagai pendidikan 4.0, dalam Era Revolusi Industri 4.0, pendidikan harus diubah ke arah yang lebih baik untuk mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ke…

PENGARUH PENERAPAN PJBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARA…

Anja

Project Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang terapkan dikelas. Model pembelajaran ini dianggap mampu melatih siswa untuk berfikir kreatif, dengan model pembelajaran ini siswa bisa mengerjakan berbagai project dalam pembelajaran sehingga guru hanya berfungsi sebagai fasilitator dalam ruang pembelajaran. Salah satu manfaat pendekatan Pjbl ialah siswa dapat berfikir kreatif. Indikator dalam berfikir kreatif ialah kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi. Rumusan masaa…

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KOTA BANDA ACEH

Utia Rahmah

Rahmah,Utia. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kota Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd, M.Soc.Sc., dan Dr. Ahmad Nubli Gadeng, S.Pd., M.Pd. Program Implementasi Kurikulum Merdeka adalah salah satu program yang dirancang oleh pemerintahan dari Kemendikbudristek. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru terhadap kurikulum merdeka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana…




    SERVICES DESK