Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH PEMANFAATAN KEARIFAN LOKAL NANDONG SMONG SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERH…

WAHYU FEBRILIA

ABSTRAK Wahyu Febrilia (2025). Pengaruh Pemanfaatan Kearifan Lokal Nandong Smong Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Salang Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemanfatan Kearifan Lokal Nandong Smong Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Salang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan kearifan lokal Nandong Smong terhadap hasil belajar geografi siswa. Metode penelitian yang digunak…

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED …

SIFA MAULIDA LINGE

Sifa Maulida Linge (2025). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Team Asissten Individually (TAI) dengan Cooverative Intergrated Reading and Compossition (CIRC) Pada Mata Pelajaran Goegrafi di SMA Negeri 1 Peukan Bada. [Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Fitriani Yulianti, S.P., S.Pd., M.Pd dan Dr. Syahrul Ridha, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA TER…

Fatrahul Rahman

Fatrahul Rahman (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Canva Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh. Model Pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran dimana peserta didik terlibat secara aktif dalam memecahkan masalah melalui kegiatan individu yang mengikuti tahapan ilmiah, dengan batasan waktu yang ditentukan, dan menghasilkan produk sebagai hasilnya. Projek yang digunakan dalam penel…

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS SOFTWARE BLENDER UNTUK MENI…

Desi Fitriani

ABSTRAK Desi Fitriani (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Software Blender Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Bendahara. Proses pembelajaran memerlukan media untuk mendukung pembelajaran. Guru mengalami kesulitan dalam mengajar dan kurangnya minat belajar peserta didik, sehingga mengakibatkan rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut didasari karena masih banyak guru yang kesulitan menerapkan teknologi dalam …

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA REALIA DALAM MEN…

Ridha melysa phonna

Phonna, Ridha Melysa. 2024 Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Realia Untuk meningkatkan hasil belajar Geigrafi Kelas X IPS di SMAS Insafuddin Kota Banda Aceh. Skripsi, Universitas Syiah Kuala. Dibawah bimbingan Fitriani Yulianti, S.Pd, M.Pd., dan Cut Vita Rajiatul Jumi, S.Pd, M.Pd Proses pembelajaran yang berpusat kepada guru, membuat siswa menjadi merasa bosan belajar, sehingga berdampak terhadap menurunya hasil belajar. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui …

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MAGAZINE BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATER…

Nadiya Riska

Rendahnya motivasi belajar siswa merupakan fenomena yang masih sering dijumpai dalam proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran dengan media utama buku teks dilihat belum mampu meningkatkan motivasi belajar. Penelitian bertujuan mengembangkan media pembelajaran e-magazine berbasis kearifan lokal pada materi mitigasi bencana alam untuk memvariasikan cara penyajian materi dari buku teks yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian berpedoman pada pende…

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENIGKATKAN PE…

Rayhani

Rayhani. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Untuk Menigkatkan Pemahaman siswa Pada Materi Litosfer Kelas X SMA Negeri 1 Suka Makmue. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Daska Aziz S.Pd., M.A dan Cut Vita Rajiatul Jummi S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik pada pembelajaran geografi, sehingga mengurangi minat serta motivasi belajar siswa. Pembelajaran geografi materi Litosfe…

KESIAPSIAGAAN SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) BUKESRA BANDA ACEH DALAM MENGHADAPI BE…

Fuja Maqfirah

Penyandang disabilitas merupakan kelompok berisiko tinggi saat terjadi bencana, dikarenakan keterbatasan kemampuan yang mereka miliki dan keterbatasan akses atas lingkungan fisik, informasi dan komunikasi di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan siswa dan guru SLB Bukesra Banda Aceh dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami, dan fasilitas (SLB) Bukesra Banda Aceh dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami. Penelitian ini …

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINA…

Ririn Musfina

Pemanfaatan sumber belajar adalah salah satu sumber untuk meningkatkan produktivitas pembelajaran. minat baca merupakan ketertarikan atau kecenderungan seseorang untuk membaca tanpa adanya paksaan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan sekolah dan minat baca dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis peneliti…

EKSPLORASI RUMAH SEHAT DALAM ANIMASI 3 DIMENSI MENGGUNAKAN METODE MDLC (MULTI…

Amira Lutfiyah Zulfakar

Pembuatan video animasi 3D eksplorasi rumah sehat ini bertujuan untuk memvisualisasikan konsep rumah yang mendukung kesehatan penghuninya. Melalui teknologi animasi 3D serta sebagai alat edukasi yang efektif bagi masyarakat umum. Minimnya pemahaman masyarakat mengenai konsep rumah sehat memotivasi proyek ini guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait pentingnya menciptakan lingkungan rumah yang sehat. Pembuatan video animasi ini melalui metode MDLC (Mutimedia Develop…




    SERVICES DESK