Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI SISWA PADA MATERI PECA…

CUT FEBRIYOLA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa yang selama ini hanya terfokus pada menghafal rumus-rumus untuk menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemampuan pemahaman matematis siswa dengan resiliensi tinggi, resiliensi sedang, dan resiliensi rendah pada materi pecahan di SMP Negeri 3 Montasik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Neg…

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMA…

Dini Ramadhani

Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa yaitu dengan menggunakan model project based learning (PjBL). Dikarenakan pembelajaran dengan model PjBL mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mempresentasikan masalah ke dalam bentuk lain, seperti produk, gambar, diagram, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini…

ANALISIS TREN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATE…

Riza Humaira

Skripsi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika sangat beragam, keberagaman tersebut belum teridentifikasi secara rinci, sehingga belum diketahui arah kecendrungan (tren) penelitiannya secara pasti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa tren karya tulis ilmiah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Matematika dari tahun 2019 sampai dengan 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic literature review (SLR). Penelitian ini menggunakan metode PRISMA (Pr…

PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN KONTEKS BENTE…

Salsabila Nasiha

Salsabila Nasiha. (2024). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa melalui Pembelajaran dengan Konteks Benteng Indrapatra Berbantuan Augmented Reality. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Mailizar, M.Pd. dan Cut Khairunnisak, S.Pd., M.Sc.. Kemampuan spasial penting dipelajari dalam berbagai bidang keilmuan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Kemampuan spasial merupakan kemampuan yang penting untuk membantu siswa memahami konsep abstrak yang sulit dalam berbagai pel…

KETERLIBATAN SISWA MENYUSUN MENU MAKANAN UNTUK MEMINIMALISIR DAMPAK STUNTING …

Nurul Husna

Stunting menjadi fokus masyarakat saat ini, remaja usia sekolah menjadi kelompok paling berdampak terhadap stunting, tentu hal tersebut menjadikan siswa lebih mengenal dan paham tentang stunting. Kenyataannya masih banyak siswa yang belum mengetahui serta menyadari dampak stunting. Projek menyusun menu makanan menjadi suatu inovasi yang diterapkan pada pembelajaran statistika, guna meminimalisir dampak stunting. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlibatan siswa menyusun menu ma…

PENERAPAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SI…

Riska Adriani

Riska Andriani. (2024). Penerapan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 8 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd., dan Cut Khairunnisak, S.Pd., M.Sc. Komunikasi matematis sangat diperlukan oleh siswa karena kemampuan komunikasi matematis dapat membantu siswa merefleksikan dan menjelasakan pemikirannya. Rendahnya kemampuan siswa dalam k…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REA…

Syifa Balqis

Syifa Balqis (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Digital dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Materi Bilangan Bulat di SMP. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd., M.Pd., dan Suhartati, S.Pd., M.Pd. Pembelajaran digital dalam era Revolusi Industri 4.0 mengacu pada penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan dan memperluas pengalaman belajar. Penerapan pembelajaran berbasis digital perlu diawali dengan merancang dan menyusun per…

PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJ…

Safira Mustaqilla

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan menjadi solusi yaitu Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial melalui pendekatan RME di MTsN 1 Aceh Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan d…

KEMAMPUAN SISWA MERANCANG MINIATUR BENTENG INDRAPATRA BERBANTUAN AUGMENTED RE…

AFIFAH RAHMAH

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah sering kali menjadi tantangan dalam pembelajaran matematika. Salah satu upaya mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis projek karena pedekatan ini memungkinkan siswa untuk menerapkan konsep-konsep matematika dalam konteks nyata misalnya merancang rak buku untuk sudut literasi, proyek produk herbal, merancang gambar sarang lebah untuk budidaya dan merancang miniatur Benteng Indrapatra. Peninggalan bangunan sejarah ini merupakan w…

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT…

CUT EMA MAULIZA

Cut Ema Mauliza (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Pada Materi Sistem Koordinat Kartesius Kelas VIII MTsN 1 Aceh Barat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu masalah terkait dengan rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem koordinat kartesius. Alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar mencapai ketuntasan yaitu dengan pemilihan media pembelajaran yang sesuai, salah satunya yaitu aplikasi geogebra. Geoge…




    SERVICES DESK