Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND S…

Riza Sabrina Putri

Riza Sabrina Putri (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment And Satisfaction (ARIAS) Dengan setting kooperatif tipe Jigsaw Terhadap Hasil belajar sejarah siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Baro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ARIAS dengan Setting koperatif Tipe Jigsaw di kelas XI di SMA Negeri 1 Kuta Baro dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran pembelajaran ARIAS dengan Setting Kooperatif Tip…

TRANSFORMASI BATOH DARI SEBUAH DESA PERTANIAN MENJADI KAWASAN PERKOTAAN DI KO…

Muhammad Rahmatillah

Fenomena transformasi atau perubahan kawasan pedesaan menjadi perkotaan merupakan hal yang sering terjadi di Indonesia, dimana kawasan pedesaan yang semula tenang jauh dari hiruk pikuk perkotaan kemudian ikut terseret dalam arus urbanisasi atau perkembangan kota di dekatnya sehingga kemudian ikut berkembang menjadi kawasan perkotaan yang ramai. Fenomena transformasi pedesaan menjadi perkotaan juga terjadi di Provinsi Aceh, tepatnya di Gampong (desa) Batoh, Kec. Lueng Bata Kota Banda Aceh. Pen…

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTUP BOTOL PINTAR PADA PELAJARAN SEJARAH SM…

Surianti

Surianti. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Pada Pelajaran Sejarah SMAN 13 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Dra. Sakdiyah, M.Si., dan Abdul Azis, S.Pd. M.Pd. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang belum memaksimalkan media dalam proses pembelajaran. Media Tutup Botol Pintar ini merupakan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dari media aslinya ke dalam bentuk yang lebih menarik. Penelitian ini bertuju…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DI…

MURTINA

Murtina (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Miniature Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 10 Aceh Barat Daya. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Miniature Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 10 Aceh Barat Daya”.…

KARAKTERISTIK MIKROPLASTIK DALAM TUBUH SIPUT MATA BULAN (TURBO CHRYSOSTOMUS, …

MISBAHUL JANNAH

Sampah plastik di perairan dapat terdegradasi oleh paparan sinar ultraviolet dan menjadi partikel kecil yang disebut mikroplastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik mikroplastik dan karakteristik mikroplastik yang mendominansi di dalam tubuh Siput Mata Bulan. Parameter yang diamati adalah bentuk dan warna mikroplastik dalam tubuh Siput Mata Bulan. Data jenis mikroplastik dianalisis secara deskriptif dan data dominansi mikroplastik dianalisis dengan rumus dominansi …

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN C3T BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN …

IKBAL QHALIB

Ikbal Qhalib (2024). Penerapan Metode Pembelajaran C3T Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Kuta Baro. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Dibawah bimbingan Ibu Nurasiah, S.Pd., M.Pd., dan Bapak T. Bahagia Kesuma, S.Pd., M.Pd. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan, karena selain mempelajari interaksi antar sesama, jug…

PENGARUH MEDIA INTERAKTIF NEARPOD TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS …

Susanti Darajat

Susanti Darajat. (2024). Pengaruh Media Interaktif Nearpod terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media interaktif Nearpod dan pengaruh media interaktif Nearpod terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental design, berbentuk one group pretest- posttest design yang mana hanya terdapat satu kelompok. Adapun yang menjadi populasi p…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASI…

Hilda Fadilla

Hilda Fadilla (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII SMA Negeri 1 Montasik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) di kelas XII SMA Negeri 1 Montasik, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Montasik. Penelitia…

VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PERANGKAT…

Maisyita Rahadatul Aisyi

Maisyita Rahadatul Aisyi. (2024). Validasi Perangkat Pembelajaran dan Persepsi Peserta Didik terhadap Perangkat Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Materi Pengaruh NAPZA di SMA Negeri Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd., dan Dra. Asiah MD., M.P.,. Sistem pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan Kurikulum Merdeka. Salah satu permasalahan dalam implementasi kurikulum merdeka ialah terbatasnya pengetahuan guru terkait…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMNENTS) BERBANTUAN MEDIA E…

Resi Sartika

ABSTRAK Resi Sartika (2024), Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) Berbantuan Media Explosion Box Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Teunom. Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur dalam mengorganisasikan pengalaman pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan media Explosion box t…




    SERVICES DESK