Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



ANALISIS KUALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY MATERI SISTEM SARAF…

MAULIZ SYAKIRA

Mauliz Syakira. (2024). Analisis Kualitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Inquiry Materi Sistem Saraf di SMA Negeri Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd. Sistem pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan Kurikulum Merdeka. Di beberapa SMA Negeri di Banda Aceh, salah satunya ialah SMA Negeri 5 Banda Aceh akan menerapkan kurikulum merdeka di kelas XI untuk pertama kalinya tahun ajaran 2024/2025. Penu…

PENGEMBANGAN TES LITERASI SAINS UNTUK PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH …

Zuhra Sri Mulyani

Literasi sains ialah keahlian seorang mempraktikkan pengetahuannya buat mengenali persoalan, mengkonstruksi pengetahuan baru, membagikan uraian secara ilmiah, mengambil kesimpulan bersumber pada bukti-bukti ilmiah, serta keahlian meningkatkan pola pikir reflektif sehingga sanggup berpartisipasi dalam menanggulangi isu-isu serta gagasan- gagasan terpaut sains. Pengukuran literasi sains penting untuk mengetahui sejauh mana kemelekan peserta didik terhadap konsep-konsep sains yang telah dipelaja…

PENGUKURAN ATRIBUT PSIKOMETRIK TES BERBASIS LITERASI SAINS

Satria Bungaran

Ketersedian intrumen tes berbasis literasi sains untuk evaluasi di Madrasah Tsanawiyah belum memiliki pengukuran terhadap atribut psikometrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur atribut psikometrik tes bebasis literasi sains untuk peserta didik MTs serta kemampuan literasi sains. Atribut psikometrik yang diukur terdiri atas validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan analisis terhadap lembar validasi d…

ANALISIS PERBEDAAN PERFORMA HASIL BELAJAR DOMAIN KOGNITIF MENGGUNAKAN TAKSONO…

Lisna Darmayanti

Lisna Darmayanti. (2024). Analisis Perbedaan Performa Hasil Belajar Domain Kognitif Menggunakan Taksonomi Bloom dan Taksonomi Marzano pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 3 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd., dan Dr. Wiwit Artika, S.Si., M.Ed. Taksonomi pembelajaran yang digunakan sebagai acuan pendidikan di Indonesia adalah taksonomi Bloom. Terbitnya revisi taksonomi Bloom mengindikasikan pentingnya meninjau taksonomi ya…

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SEL…

Sarini

Sarini (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Kokami untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Self-Efficacy Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 14 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala] Dibawah bimbingan Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd., dan Yaumil Istiqlal M.Nur, S.Pd.I., M.Pd. Kokami merupakan media pembelajaran sederhana terbuat dari kotak dan kartu misterius. Kartu misterius dalam media kokami disebut sebagai kartu pesan. Kartu pesan ini berisi serangkaian…

CORRELATION BETWEEN TPACK AND CONATION OF CERTIFIED BIOLOGY TEACHERS IN STATE…

Risma Rahmawati Fhonna

Risma Rahmawati Fhonna. (2024). Korelasi Antara Tpack dan Konasi Guru Biologi Yang Sudah Sertifikasi pada SMA Negeri di Banda Aceh. [Tesis. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd., dan Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd. Kemampuan dalam penerapan TPACK akan memudahkan guru dalam mengajarkan materi kepada peserta didik. Kemampuan TPACK guru tentunya berbeda-beda, salah satu faktor yang mempengaruhi guru yaitu adanya konasi. Konasi ini berperan penting dalam TPACK, den…

PENERAPAN E-MODUL BERBENTUK FLIPBOOK BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA MATER…

RAZY MEIYANA NS

ABSTRAK Razy Meiyana Ns. (2024). Penerapan E-Modul Berbentuk Flipbook Berbasis Cooperative Learning pada Materi Sistem Saraf di Kelas XI MAN 2 Aceh Barat. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, S.Pd. M.Pd. dan Dr. Muhibbuddin, M.S. Keterbatasan bahan ajar menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar yang menarik serta berbasis teknologi yaitu pembuatan modul elektronik…

PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL SAVI UNTUK MENINGKATKAN HOTS DAN SELF REGUL…

Natasha

Pemilihan model pembelajaran menentukan keberhasilan dalam kegiatan belajar, khususnya kemampuan pendidik dalam memahami dan mengimplementasikan model pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan HOTS serta pengaruh pada Self Regulation peserta didik kelas XI pada materi sistem gerak setelah penerapan Model Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI). Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan pre-test post-test co…

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DIPADU LKPD TERHADAP KETERAMPILAN B…

URIDIA ULYA

Rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam merepresentasikan pengembangan ide-ide dan membuat hipotesis dari sebuah permasalahan dalam pembelajaran merupakan fenomena yang ditemukan oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi solusi adalah model Project Based Learning. PjBL mampu mengembangkan kreativitas dalam merancang dan membuat proyek untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI EXAMPLE NON EXAM…

Raudhatul Jannah

Raudhatul Jannah (2024), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Example Non Example terhadapa Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMPN 6 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Andi Ulfa Tenri Pada M.Pd. dan Dra. Asiah MD.,MP. Pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berpikir kritis dan ketera…




    SERVICES DESK