Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



KORELASI NILAI MATA KULIAH PENGETAHUAN KEBENCANAAN DAN LINGKUNGAN DAN MATA KU…

ANDI AL KHAIDIR

Andi Al Khaidir (2025). Korelasi Nilai Mata Kuliah Pengetahuan Kebencanaan dan Lingkungan dan Geografi Lingkungan dan AMDAL dengan Literasi Lingkungan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si dan Dr. Ahmad Nubli Gadeng, S.Pd., M.Pd. Pendidikan merupakan hal penting dalam membentuk pengetahuan, sikap, dan karakter seseorang. Hasil nilai mata kuliah pada mahasiswa sudah sejalan dengan literasi lingkunga…

KORELASI PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA DAN SIKAP DENGAN PERILAKU KESIAPSIAGAAN…

Rossa Afriza

ABSTRAK Rossa Afriza (2025). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Mitigasi bencana dengan Perilaku kesiapsiagaan Bencana Siswa SMAN 1 Aceh Barat Daya. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. Abdul Wahab Abdi, M. Si, dan Ruliani, S.Pd, M. Pd. Pengetahuan mitigasi merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh semua orang, karena pengetahuan akan mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang terhadap mitigasi bencana. Pengetahuan yang harus dimiliki oleh manusia terutama masyarakat ac…

HUBUNGAN LITERASI MEMBACA DAN KECERDASAN SPASIAL DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAF…

Ramatillah

ABSTRAK Ramatillah. (2024). Hubungan Literasi Membaca dan Kecerdasan Spasial Dengan Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 1 Banda Aceh. Dibawah bimbingan Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si. dan Dr. Ahmad Nubli Gadeng, S.Pd., M.Pd. Pendidikan memainkan peran krusial dalam mempersiapkan generasi muda untuk bersaing dalam era globalisasi, dengan literasi membaca dan kecerdasan spasial sebagai faktor penting dalam pencapaian hasil belajar yang baik. Sebagai aktivitas yang melibatkan pemahaman teks. Dapat…

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDI…

PUTRI FIRJANNAH

Model pembelajaran project based learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, peserta didik aktif terlibat dalam proses belajar dan bertanggung jawab atas hasil proyek mereka. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran model PjBL adalah media realia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media realia lapisan tanah terhadap hasil belajar geografi…

PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHAD…

Fahrul Adhar

Fahrul Adhar (2024). Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Geografi Siswa IPS Kelas X SMA Negeri 1 Teunom. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si dan Dr. M. Hafizul Furqan, S.Pd., M.Pd. Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis…

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBANTU…

MULIA RIZKIANA

Mulia Rizkiana, (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Berbantuan Media Question Card Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Geografi Siswa SMA Negeri 9 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. M. Hafizul Furqan, S. Pd., M.Pd. Salah satu cara untuk menumbuhkan siswa berpikir kritis dalam pembelajaran adalah menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dan dapat memotivasi siswa, sehingga dengan…

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZ TERHADA…

IBNU KHATTAB ARZA

ABSTRAK Arza, Ibnu Khattab, (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Aplikasi Quiziz Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi. Univerits Syiah Kuala. Di bawah Bimbingan Drs. Abdul Wahab, M.Si. dan Dr. Ahmad Nubli Gadeng, S.Pd., M.Pd. Rendahnya minat belajar dan kemampuan siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh dalam menguasai pelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan menerapkan model …

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MA…

Dara muftiana

Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pentingnya pemahaman suatu konsep, pengetahuan siswa dari pengalaman pada saat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu media pembelajaran yang dapat diajarkan yaitu media maket. media maket adalah benda tiga dimensi yang dapat digunakan sebagai tiruan untuk menjelaskan keadaaan yang sebenarnya. Media maket dapat digunakan dalam pembelajaran untuk mewakili benda asli yang sulit untuk disajikan didalam kelas…

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BER…

NADYATUN NAYLIS

Nadyatun Naylis (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Geografi Siswa SMAN 1 Kuta Baro. Model pembelajaran kooperatif adalah mengembangkan kreativitas siswa baik secara perorangan maupun kelompok. Group Investigation merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling komplek. Pada dasarnya model ini dirancang untuk membimbing peserta didik mendefiniskan topik-topik materi yang mengara…

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR GEO…

Wardatina Fitri

Wardatina Fitri (2024). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Edutainment Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Babul Maghfirah Proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru mengakibatkan siswa menjadi sangat pasif pada saat proses berlangsung. Hal ini dipengaruhi oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih bersifat sederhana dan monoton. Penerapan metode edutainment dalam proses pembelajaran akan membantu pembelajaran menjadi begitu menyenangkan. Pentingnya metode ini…




    SERVICES DESK