Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEM…

Anggi Safitri

ABSTRAK Safitri, Anggi. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika pada Siswa MAN 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Dibawah bimbingan Dra. Elisa, M.Si dan Drs. Abdul Hamid, M.Si. Kurangnya keaktifan dan respon siswa dalam proses pembelajaran fisika menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yang juga berdampak pada rendahnya kemampuan berpi…

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA OLABS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA P…

KHAIRATUN NISA

Khairatun Nisa. 2024. Efektivitas Penggunaan Media Olabs untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pemahaman konsep merupakan kunci dari suatu pembelajaran, revolusi 4.0 menuntut guru dan siswa tidak hanya terpaku pada praktek atau eksperimen di laboratorium karena perkembangan teknologi praktikum sudah dikembangkan dengan menggunakan laboratorium virtual. Penelitia…

KORELASI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PENGENALAN LAPANGAN P…

Nurmala.A

Penelitian ini mengangkat masalah apakah terdapat korelasi antara mata kuliah SBM terhadap PLP II pada mahasiswa MBKM Pendidikan Fisika FKIP USK serta untuk mengetahui respon mahasiswa mengenai korelasi mata kuliah SBM terhadap PLP II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara mata kuliah SBM terhadap PLP II. Populasi terdiri atas seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2020. Sampel sebanyak 53 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling denga…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASI…

WILDA RAHMANI

Penelitian ini mengangkat masalah tentang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika dan kurangnya keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar Fisika siswa MAN 4 Aceh Besar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 4 Aceh Besar yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel melalui teknik total sampling yaitu kelas XI IPA 1 y…

ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA OLEH MAHASISWA MBKM ANGKATAN…

SITI NUR KHAFIFAH

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis RPP fisika yang dirancang oleh mahasiswa MBKM Angkatan 2020, metode purposive sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian yang menghasilkan data deskriptif untuk melihat kelemahan, kesesuaian, ketepatan RPP fisika yang dirancang oleh mahasiswa. Data dan sumber penelitian ini menggunakan data sekunder berupa 58 RPP fisika ole…

EVALUASI KEMAMPUAN FISIK DAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI ATLET PAMBERS VC BANDA ACEH

TIRTA ARIGA HANDIKA

ABSTRAK Tirta Ariga Handika, 2023. “Evaluasi Kemapuan Fisik dan Teknik Dasar bola voli Atlet Pambers VC Banda Aceh”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Drs. Syamsulrizal, M.kes. (2) Zahara, S.Pd., MPd. Kata Kunci: Evaluasi, Kemapuan Fisik, Kemampuan Teknik, Bola Voli Penelitian ini dilakukan dikarenakan masih terlihat minimnya aspek-aspek kondisi fisik dan teknik di kal…

  • Fakultas KIP Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Banda Aceh - 2024
  • Baca Selengkapnya

PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN…

Maya Sari

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara guru dengan siswa, untuk menciptakan susasana pembelajaran yang menyenangkan. Dalam proses pembelajaran fisika banyak keluhan dari siswa karena pembelajaran yang kurang menyenangkan sekaligus membosankan, sehingga mempengaruhi penguasaan konsep dan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menngunakan mind mapping terhadap penguasaan konsep dan kreativitas siswa dalam belajar fisika. Metode penelitia…

META ANALISIS REMEDIASI MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DARI TAHUN 2010…

Tuti Alfiah

Miskonsepsi dalam pembelajaran fisika kerap menjadi hambatan utama dalam memahami konsep-konsep fisika. Dalam upaya untuk mengatasi permasalahan ini, berbagai metode remediasi telah dikembangkan. Penelitian ini mengangkat masalah seberapa besar pengaruh remediasi terhadap miskonsepsi serta metode apa yang paling efektif dalam mengurangi miskonsepsi siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh remediasi terhadap miskonsepsi serta mengetahui…

EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN K…

YUNI SAHARA

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas dari model flipped classroom berbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan nonequivalent pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 3 Kutacane yang terdiri dari dua kelas, pengambilan sampel menggunakan tek…

IMPLEMENTASI STRATEGI TECHNOLOGICAL PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) BERBA…

ADE IRMAYUANDARI

ABSTRAK Ade Irmayuandari (2023). Implementasi Strategi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh Kurangnya pemanfaatan fasilitas laboratorium komputer dan laboratorium bidang sains oleh siswa menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh melalui implementasi strategi TPACK inkuiri terbim…




    SERVICES DESK