Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTUP BOTOL PINTAR PADA PELAJARAN SEJARAH SM…

Surianti

Surianti. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Pada Pelajaran Sejarah SMAN 13 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Dra. Sakdiyah, M.Si., dan Abdul Azis, S.Pd. M.Pd. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang belum memaksimalkan media dalam proses pembelajaran. Media Tutup Botol Pintar ini merupakan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dari media aslinya ke dalam bentuk yang lebih menarik. Penelitian ini bertuju…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMNENTS) BERBANTUAN MEDIA E…

Resi Sartika

ABSTRAK Resi Sartika (2024), Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) Berbantuan Media Explosion Box Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Teunom. Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur dalam mengorganisasikan pengalaman pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan media Explosion box t…

PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING TIPE FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN M…

UKHTI NURUL HIDAYAH

ABSTRAK Ukhti Nurul Hidayah, 2024. Penerapan Model Blended Learning tipe Flipped Classroom untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPAS di SMAN 13 Banda Aceh. Jurusan Pendidikan Sejarah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model Blended Learning tipe Flipped Clasroom dalam pembelajaran sejarah dan motivasi siswa terhadap penerapan model Blended Learning tipe Flipped Classrooom. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitati…

PERBANDINGAN NILAI MATA PELAJARAN SEJARAH DAN PKN PADA SISWA KELAS XI DI SMAN…

KHAIRAN NADIA

ABSTRAK Khairan, Nadia. (2024). Perbandingan Nilai Mata Pelajaran Sejarah dan PKn Pada Siswa Kelas XI di SMAN 7 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Dr. Husaini M.A. dan Abdul Aziz, S.Pd., M.Pd. Penelitian yang berjudul Perbandingan Nilai Mata Pelajaran Sejarah dan PKn Pada Siswa Kelas XI di SMAN 7 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan nilai mata pelajaran Sejarah dan PKn pada siswa kelas XI di SMAN 7 Banda Aceh. Penelitian ini …

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA BARCODE UNTUK…

JUMADI

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Learning Together Berbantuan Media Barcode Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri 14 Banda Aceh”. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran learning together berbantuan media barcode pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 14 Banda Aceh , Respon guru & siswa dan pada saat pembelajaran sejarah dengan model learning together berbantuan media media barcode di SMA Negeri 14 Banda Ace…

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZLET TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KEL…

Zuliza Azmi

Zuliza Azmi (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Quizlet Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMAN 1 Darul Imarah. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Nurasiah, S.P.d., M. Pd., dan Abdul Azis, S.Pd., M. Pd. Hasil belajar sering kali menjadi faktor penghambat tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan rendahnya pemahaman konsep siswa serta konsentrasi siswa selama pembelajaran. Hasil belajar dapat meni…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED INTRUDUCTION (PBI) …

ROZA MELYATUL JANNAH

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Intruduction di kelas XI SMA Negeri 1 Montasik, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Problem Based Intruduction (PBI) terhadap hasil belajar SMA siswa kelas XI di SMa Negeri 1 Montasik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental design, berbentuk one group pretest posttest design yang mana hanya terdapat satu kelompok. Adapun yang menjadi populasi pada peneliti…

PENGARUH MEDIA INTERAKTIF EDPUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-2…

Aiya Nurisalfitri

Aiya Nurisalfitri. (2024). Pengaruh Media Interaktif Edpuzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-2 Di SMP Negeri 1 Montasik. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Nurasiah, S.Pd., M.Pd., dan Abdul Azis, S.Pd., M.Pd. Hasil belajar sering sekali menjadi faktor penghambat tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan rendahnya pemahaman konsep siswa serta konsesntrasi siswa selama pembelajaran. Hasil belajar dapat …

PENERAPAN MEDIA MENTIMETER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA …

NABILLA TIFANI

Motivasi belajar yang tinggi adalah kunci keberhasilan dalam pembelajaran di era pendidikan modern. Penggunaan teknologi interaktif seperti Mentimeter menarik perhatian sebagai alat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi (1) penerapan media Mentimeter dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal, dan (2) apakah media Mentimeter dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal. Penelitian ini me…

MINAT MAHASISWA TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU RN(SUATU PENELITIAN …

Aulia Rahmi

ABSTRAK Aulia Rahmi (2024). Minat Mahasiswa Terhadap Program Pendidikan Profesi Guru (Suatu Penelitian di Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Skripsi Departemen Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. (1) Nurasiah, S. Pd., M. Pd (2) Abdul Aziz, S. Pd., M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa program studi pendidikan sejarah FKIP USK serta mengetahui faktor pengh…




    SERVICES DESK