Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



DAMPAK PRAKTIKUM LAPANGAN (OUTDOOR PRACTICUM) PADA MATERI GERAK JATUH BEBAS T…

Sulis Murni

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terdapat siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi gerak jatuh bebas, dan terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Praktikum lapangan pada pembelajaran Fisika materi Gerak jatuh bebas dapat mereduksi miskonsepsi pada siswa SMAN 1 Rikit Gaib. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ekperimen yang melibatkan satu kelas yang terdiri dari 20 siswa, instrument …

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA…

Mahdalena Basri

ABSTRAK Mahdalena Basri. (2024). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Blangpegayon. Skripsi. Universitas Syiah Kuala. Dibawah bimbingan Prof. Dr. A. Halim, M.Si., dan Dr. Muhammad Syukri, S.Pd, M.Ed. Keterampilan berpikir kritis sangat penting bagi siswa untuk menghadapi berbagai tantangan di dunia nyata. Namun, banyak siswa yang kesulitan dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang…

PENGEMBANGAN TES LITERASI SAINS UNTUK PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH …

Zuhra Sri Mulyani

Literasi sains ialah keahlian seorang mempraktikkan pengetahuannya buat mengenali persoalan, mengkonstruksi pengetahuan baru, membagikan uraian secara ilmiah, mengambil kesimpulan bersumber pada bukti-bukti ilmiah, serta keahlian meningkatkan pola pikir reflektif sehingga sanggup berpartisipasi dalam menanggulangi isu-isu serta gagasan- gagasan terpaut sains. Pengukuran literasi sains penting untuk mengetahui sejauh mana kemelekan peserta didik terhadap konsep-konsep sains yang telah dipelaja…

PENGUKURAN ATRIBUT PSIKOMETRIK TES BERBASIS LITERASI SAINS

Satria Bungaran

Ketersedian intrumen tes berbasis literasi sains untuk evaluasi di Madrasah Tsanawiyah belum memiliki pengukuran terhadap atribut psikometrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur atribut psikometrik tes bebasis literasi sains untuk peserta didik MTs serta kemampuan literasi sains. Atribut psikometrik yang diukur terdiri atas validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan analisis terhadap lembar validasi d…

PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENGURANGI MISKONSEPS…

MUHAMMAD FARISI AZMI

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan flipbook berbasis multi representasi yang layak dipakai dan dapat mengurangi miskonsepsi siswa pada konsep gerak jatuh bebas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dilaksanakan sampai tahapan Development(pengembangan). Tahap analisis berisikan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan pengembangan flipbook berbasis multi representasi sep…

PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP REMEDIASI MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN FISI…

Ulan Azura

Penelitian ini mengangkat masalah tentang kurangnya pemahaman konsep pada siswa sehingga terjadi miskonsepsi dalam pembelajaran fisika, selain itu guru juga jarang menggunakan media dalam proses pembelajaran disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap remediasi miskonsepsi dalam pembelajaran fisika siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi eksperimental design dengan rancangan two g…

PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ETNOSAINS MASYARAKAT ACEH DAN LOKASI SE…

Nurhamni

Literasi sains merupakan salah satu soft skill yang diukur dalam Asesmen Nasional pada Kurikulum Merdeka. Kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia masih rendah. Kurikulum Merdeka mencanangkan pengembangan karakter peserta didik sesuai dengan profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran fisika berbasis etnosains masyarakat Aceh terintegrasi STEM dan lokasi sekolah terhadap kemampuan literasi sains dan karakter berkebhinekaan global peserta…

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VISUAL BASIC FOR APPLICAT…

Roza Zulfira

ABSTRAK Miskonsepsi pada pembelajaran fisika sering disebabkan oleh pemahaman prakonsepsi siswa yang tidak sesuai dengan teori fisika sebenarnya. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi digital yang bersifat interaktif memudahkan siswa untuk memahami konsep fisika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menerapkan media pembelajaran interaktif berbasis Visual Basic for Application (VBA) Spreadsheet Excel untuk remediasi miskonsepsi siswa pada materi gelombang berjalan. Metode pen…

  • Fakultas Pasca Sarjana / Prodi Pendidikan IPA (S2), Banda Aceh - 2024
  • Baca Selengkapnya

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ENGINEERING DESIGN PROCESS MELAL…

Siti Maghfirah

Hasil PISA tahun 2018 didapati bahwa kemampuan literasi sains Indonesia berada di peringkat ke 71 dari 79 negara partisipan PISA dengan capaian skor 396, ini menunjukkan bahwa skor rata-rata literasi sains Indonesia berada jauh di bawah skor rata-rata internasional yang ditetapkan PISA yaitu sebesar 500. Dalam proses pembelajaran fisika di sekolah, guru belum menerapkan upaya yang maksimal untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dan menciptakan suasana belajar yang dapat membuat peser…

ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE GURU FISIKA SMAN DAL…

Meisy Adha Rizki

Miskonsepsi menjadi salah satu penghambat dalam ketercapaian pembelajaran fisika, miskonsepsi pada peserta didik harus segera diperbaiki agar tidak terjadi retensi miskonsepsi pada pengetahuan selanjutnya. Salah satu cara untuk mencegah dan mereduksi miskonsepsi yang terjadi adalah dengan kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru. Guru yang mengintegrasikan TPACK pada pembelajaran dapat mencegah terjadinya miskonsepsi dan menemukan solusi untuk mengatasi miskonsep…




    SERVICES DESK